Bookmark and Share

Penyesuaian Dalam Memakai Busana Batik

Diposkan oleh Sigit Maulana on Rabu, 25 Mei 2011

Batik adalah harta paling berharga yang dimiliki negara Indonesia,karena kerajinan baju batik ini sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu peninggalan busana orang Indonesia.Oleh karena itu sudah kewajiban kita semua untuk melestarikan dan mengembangkan kerajinan batik di zaman modern saat ini.

Ada beberapa cara untuk menyesuaikan baju batik yang akan anda kenakan agar terlihat pas pada saat menghadiri acara formal atau non formal,simak berikut ini :

Baju Batik Saat Kerja

  1. Pilih batik dalam kombinasi warna gelap atau pastel, serta bercorak geometris agar penampilan Anda tetap terlihat rapi, simpel, dan formal.
  2. Untuk Anda yang bertubuh besar, pilihlah motif geometris yang berukuran sedang, atau kombinasi motif geometris yang besar dengan yang ukurannya kecil agar sesuai dengan proporsi tubuh Anda.
  3. Bila tubuh mungil, jangan ragu untuk memilih batik bermotif geometris berukuran sedang agar bentuk tubuh tampak lebih proporsional.
  4. Untuk aktivitas kerja, pastikan Anda memilih desain busana yang simpel namun tegas, sehingga tetap berkesan profesional. Hanya jika diperlukan bisa ditambah detail atraktif yang terkesan minimalis, seperti opnaisel, ploi, saku, atau tali pinggang.
  5. Untuk busana kerja, pilihlah batik yang terbuat dari katun dan tambahkan superlining sebagai pelapis dalam (furing) agar jatuhnya busana terlihat lebih tegas dan rapi.

Baju Batik Saat Pesta

  1. Jika Anda ingin membuat busana pesta atau resmi dari kain batik, Anda bisa menggunakan berbagai jenis motif dan paduan warna. Yang penting, pilihlah warna serta motif batik yang sesuai dengan jenis acara yang akan Anda hadiri (suasana pesta).
  2. Untuk acara pesta yang beratmosfer santai atau semiresmi, Anda bisa memilih batik bermotif fauna dan flora dalam paduan warna cerah ataupun terang.
  3. Untuk acara pesta yang resmi, batik bermotif fauna dan flora dalam paduan warna cerah ataupun terang.
  4. Untuk acara pesta yang resmi, batik bermotif geometris berukuran sedang atau motif-motif klasik, seperti motif Jlamprang dan Truntum dalam sentuhan warna terang atau gelap yang terkesan mewah bisa menjadi pilihan yang tepat.
  5. Batik bermotif flora juga bisa Anda pilih untuk menciptakan busana resmi yang terkesan elegan.
  6. Buatlah busana untuk pesta (resmi maupun tidak resmi) bermotif batik yang siluetnya simpel namun berdetail cantik dan unik, seperti ikatan pita atau memainkan pola-pola draperi.
  7. Untuk busana pesta, Anda bisa memilih batik yang terbuat dari katun, sutra (sutra satin, raw silk, crepe silk) dan tenun ATBM.

Demikian beberapa informasi busana yang dapat kami berikan agar anda tidak terlihat salah gaya dalam memakai busana batik.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar