Bookmark and Share

Langkah-Langkah Persiapan Sebelum Melakukan Perjalanan Ke Luar Negeri

Diposkan oleh Sigit Maulana on Selasa, 27 September 2011

Usahakan untuk mencari informasi sebanyak mungkin mengenai Negara yang di tuju melalui website, majalah, brosur, biro perjalanan atau kerabat yang pernah berkunjung ke Negara tersebut. Informasi yang harus anda ketahui sebelum melakukan perjalanan adalah:


a. Travel Warning

Sebelum menentukan tujuan wisata ke suatu Negara, pastikan bahwa negara tersebut tidak termasuk dalam daftar warning.


b. Musim dan cuaca

Cari informasi tentang musim yang tengah berlangsung di negara yang akan di tuju untuk penyesuain pakaian yang akan anda bawa.


c. Bahasa

Cari informasi tentang bahasa internasional yang digunakan, ada baiknya membawa kamus bahasa setempat untuk mengetahui bahasa yang umum dipakai masyarakat setempat.


d. Mata uang

Cari informasi tentang mata uang setempat, nilai tukar serta pendapatan perkapita, untuk mengetahui berapa banyak yang akan anda hasbiskan selama perjalanan,


e. Tempat wisata

Cari informasi mengenai tempat-tempat wisata yang menarik yang dapat anda kunjungi.


f. Hotel dan transportasi

Cari informasi tentang jenis transportasi dan tarif hotel yang sesuai dengan budget anda. Jangan lupa untuk melakukan pemesanan kamar hotel dan siapkan dua kartu kredit.


g. Maskapai penerbangan

Tentukan pesawat yang menuju kelokasi tersebut dan lakukan pembelian tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Sebaiknya anda mengetahui perbedaan waktu antara negara yang akan dituju, ini penting sekali agar bisa melakukan hubungan telepon secara normal dan menghadapi Jet Lagged karena perbedaan waktu tersebut.


h. Aturan dan Larangan

Cari informasi mengenai aturan dan larangan membawa masuk barang-barang tertentu ke negara yang akan anda kunjungi. Misalnya, jangan membawa daging ke Australia & Amerika, jangan membawa rokok dan batik dalam jumlah banyak ke Malaysia. Bagi yang bepergian ke Amerika, perlu dipersiapkan bilamana otoritas imigrasi meminta melepaskan sepatu sewaktu pemeriksaan. Gunakan pula gembok bagasi berkode guna memungkinkan petugas memeriksa bagasi tanpa merusak gembok standar.

Paspor dan Visa


Periksa masa berlaku paspor anda, minimal masih berlaku satu tahun, perlu di ketahui ada beberapa negara yang tidak menerima sekalipun masa berlaku paspor masih berlaku satu tahun. Pengurusan visa ke kedutaan Negara tujuan sebaiknya dilakukan satu bulan atai minimal 2 minggu sebelum berangkat. Beberapa kedutaan melakukan layanan pengurusan visa secara online, ini akan mempermudah anda untuk mendapatan informasi syarat mendapatkan visa.

Persiapan Lainnya


a. Berkemas ringkas

Ingatlah untuk membawa voltage converter agar peralatan listrik yang dibawa sesuai dengan steker di negara tujuan. Lengkapi bawaan dengan pisau saku. Tapi ingat, untuk situasi sekarang, sebaiknya simpan ke koper. Kalau ke daerh pantai, bawalah dompet yang tahan air dan memerhatikan gaya busana. Daripada membawa setrika yang makan tempat, bawa pakaian antikusut. Banyak hotel yang tidak mau tamunya mencuci baju dalam kamar, namun kalau memang perlu mencuci yang kecil-kecil, bawa tali untuk membuat jemuran. Untuk mencegah cucian banyak, bawa pakaian yang tidak mudah terlihat kotor. Untuk perjalanan jauh dan lama, bawa pakaian berbahan ringan yang mudah kering dan antikusut.


b. Kotak Obat

Siapkan kotak obat kecil untuk berjaga-jaga. Yang utama, isi dengan antiseptik, plester, obat sakit kepala & perut. Bawa resep obat seandainya menderita sakit kronik. Pastikan anda tahu nama generik dari obat tersebut karena di negara lain, merek obat bisa berbeda bawalah obat pribadi, beberapa Negara seperti Amerika dan Eropa memiliki obat yang mempunyai dosis rendah, sehingga obat di Negara tersebut tidak akan mempan. Jika alergi terhadap obat tertentu, disarankan menyimpan catatan di dompet. Bawa tablet penjernih air jika berkunjung ke daerah pedalaman yang sulit air bersih. Bawa lensa kontak ekstra lengkap dengan kopi resep lensa. Membawa senter kecil juga bisa berguna saat perlu mencari lensa kontak yang jatuh.


c. Tas Dan Bagasi

Ikatkan pita berwarna terang atau tali pengaman kopor agar mudah dikenali. Bepergian dengan barang yang ringkas memudahkan anda. Apabila jika harus menunggu di airport untuk bertukar pesawat. Tentengan yang ringan akan memudahkan berkeliling bandara untuk cuci mata atau toilet karena tidak mungkin meninggalkan barang-barang tanpa ditunggui. Berencana belanja? bawa saja tas lipat dan ratakan didasar koper. Gunakan tas ini untuk menyimpan baju kotor diakhir perjalanan. Hasilnya, tas ekstra untuk belanjaan Anda.


d.
Jika mambawa uang simpan dalam tas khusus. Beri label yang berisi nama alamat di setiap tas dan koper agar tidak keliru dengan bagasi penumpang lain.


e.
Pelajari peta lokasi sehingga tahu tempat yang mudah di jangkau seperti restoran makanan tradisional, rumah sakit, bank, kantor polisi, dll.


f.
Buatlah daftar kunjungan anda.

g. Busana wanita yang tepat adalah summer dress berbahan tipis. Ini akan membuat terlihat girly. Jangan lupa membawa buku atau MP3 agar kamu bisa menikmati angin sepoi-sepoi dan indahnya pantai. Selamat mencoba.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar