Bookmark and Share

Bahan Kain Lurik

Diposkan oleh Puncak Berita on Selasa, 19 Agustus 2014

Bahan Kain Lurik

Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah adalah asalah dari bahan lurik ini yang sudah ada dari jaman kerjaan Mataram. Baju dengan kain lurik pada jaman dahulu seperti pakaian wajib yang dikenakan setiap masyarakat pada waktu itu. Dengan motif garis searah panjangnya kain dan memiliki 3 motif dasar, yaitu :
  • Motif Cacahan dengan corak garis kecil-kecil
  • Motif Lajuran dengan corak garis panjang searah sehelai kain
  • Motif Pakan Malang dengan corak garis lebar searah sehelai kain

Kain lurik atau bahasa jawa Lorek yang berarti garis atau corak identik dengan bahan yang bearsal dari serat kapas, sutera  dan serat kayu. Dengan perkembangan jaman serta teknologi bahan tersebut kini dikombinasi dengan serat sintetis yang pembuatannya lebih mudah karena menggunakan mesin.

Harga antara bahan lurik sintetis lebih murah jika dibandingkan dengan bahan sutera ataupun kapas yang dibuat secara tradisional/manual. Karena seni dari kain lurik terdapat pada pembuatannya yang lama tetapi memiliki hasil yang bagus. Kini kain atau baju lurik banyak dijual secara online, baik di jual sudah jadi ataupun kain. Jual bahan pakaian jadi dan semi jadi secara online telah merambah Indonesia sejak tahun 2011.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar