Bookmark and Share

Langkah –Langkah Merawat Cloth Diapers

Diposkan oleh Sigit Maulana on Rabu, 26 Oktober 2011

Untuk anda para mommy sebenarnya sudah tidak asing dengan yang namanya popok ,tetapi banyak diantara para ibu kurang mengetahui yang namanya cloth diapers.Apa itu cloth diapers?Cloth diapers adalah popok bayi yang bekerja secara higienis dan sangat menghemat keuangan para ibu,karena cloth diapers adalah lawan dari Disposable Diaper/pampers atau popok sekali pakai.

Cloth Diaper adalah popok terbuat dari kain yang memiliki kantong untuk diisi Insert (penyerap). Insert selalu digunakan ketika popok dipakai karena ialah yang menyerap pipis dari bayi. Insert tersebut terbuat dari bahan yang dapat menyerap air namun tidak menimbulkan ruam (contohnya dari serat bambu). Bagian dalamnya terbuat dari bahan suede atau fleece yang diklaim lembut dan tatap menjaga bagian dalam tetap kering.

Disini kami akan memberikan tips dan langkah-langkah merawat cloth diapers.

Berikut tips umum perawatan cloth diapers (clodi):

  1. Lakukan prewash 3 kali untuk clodi baru sebelum digunakan (cuci-kering-cuci-kering-cuci-kering-pakai). Fungsinya untuk menghilangkan sisa lapisan finishing dan agar daya serapnya maksimal.
  2. Rendam clodi kotor di ember berisi air sebelum dicuci untuk melunturkan kotoran dan memudahkan pencucian.
  3. Bersihkan clodi dari pup dengan water spray atau kran (air mengalir). Bisa menggunakan sabun mandi hanya untuk area yang terkena noda pup.
  4. Rendam sebentar saja clodi kotor dengan larutan detergen tanpa enzim, pewangi, pelembut, dan pemutih. Gunakan hanya ¼ - ½ takaran yang dianjurkan.
  5. Bisa dicuci dengan tangan atau mesin cuci. Clodi berbahan PUL tebal dapat dicuci dengan air bersuhu maks 60° C, sedangkan clodi berbahan PUL tipis maks 40° C.
  6. Clodi bisa dikeringkan dengan mesin cuci.
  7. Jemur clodi bunda sampai benar-benar kering.
  8. Clodi aman dijemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari juga akan membantu melunturkan noda pup pada clodi.
  9. Jangan disetrika.
  10. Jangan menggunakan nappy/rash cream. Jika kulit bayi bunda mengalami ruam, olesi tipis-tipis dengan minyak zaitun/VCO. Atau beri kesempatan kulit bayi Anda bernafas dengan bebas tanpa menggunakan cloth diapers selama kurang lebih 1 jam pada pagi hari dan 1 jam pada sore hari.


Untuk perawatan agar performa clodi tetap baik , lakukan peremajaan/stripping berkala 1 bulan sekali atau saat clodi mulai menurun daya serapnya. Stripping ini dilakukan untuk menghilangkan residu detergen atau sisa amonia dari urine.
Caranya sebagai berikut (pilih salah satu):

  1. Cuci insert/soaker (yang sudah bersih dan kering) tanpa detergen. Pastikan busa tidak ada lagi.
  2. Rendam insert/soaker dan cover dalam air hangat/panas (sesuaikan dengan bahannya).
  3. Rebus insert/soaker selama 5 menit.
  4. Menggunakan formula khusus untuk menghilangkan residu sabun yaitu RLR Laundry Treatment.

Dan cloth diapers siap dipakai lagi.Demikian artikel informasi busana yang dapat kami berikan kepada anda para mommy J

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar