Bookmark and Share

Informasi Busana : Aksesoris Busana Tradisional Blangkon

Diposkan oleh Sigit Maulana on Selasa, 06 September 2011

Blangkon adalah nama dari aksesoris busana model tutup kepala yang sudah tinggal pakai, dibuat dari kain batik dengan ‘motif khusus untuk tutup kepala’ yang aslinya disebut dhesthar (ikat kepala -bukan dhestar) jenis aksesoris ini diperuntukan hanya untuk pria dan tidak pada aksesoris busana wanita. Disebut dhesthar karena memakainya harus dengan cara mengikatkan kepala secara manual (dengan aturan tertentu) yaitu: pucuk ngareb ditindhes pucuk mburi njlenthar (ujung kain di bagian depan ditindas, ujung belakang bebas menjurai).

Pembentukan kata baru dari asal kata atau ringkasan kata-kata itu disebut tembung garba; aturan resmi dalam paramasastra (ilmu tata bahasa Jawa - bukan
othak, athik, gathuk (dicari-cari kesesuaiannya biar menyambung). Dari bahan dhesthar dibuat bentuk blangko (separoh isi; separoh bentuk bundaran) sesuai ukuran kepala dengan cara lipatan dan jahitan dengan diberi pengeras di dalamnya kemudian dibentuk model tertentu. Hasil akhir dari blangko yang sudah jadi disebut blangkon.Dan pada informasi busana ini Si ahli pembuatnya disebut tukang blangko (bukan tukang blangkon, seperti kesalahan umum yang dikatakan orang awam).

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar