Bookmark and Share

Ciri Khas Batik Tanah Liek

Diposkan oleh Sigit Maulana on Senin, 08 Agustus 2011

Author : id.indonesian-craft.com

Informasi Busana Jenis Batik ini disebut batik tanah liek, karena batik yang asalnya dari Sumatera Barat ini salah satu pewarnanya adalah tanah liek, yaitu tanah liat. Ada bermacam-macam sumber pewarna alam lainnya. Ada yang dari kulit jengkol, kulit rambutan, gambir, kulit mahoni, daun jerame dan masih banyak akar-akar lainnya yang juga digunakan. Sejumlah pewarna alam ini adalah hasil penemuan Wirda Hanim yang sudah berulang-ulang kali dicoba.

Batik tanah liat ini sangat khas, sesuai dengan tema yang diambil dari alam terkembang. Adapun motif batiknya antara lain akar berdaun atau tumbuhan merambat, pucuk rebung, keluk daun pakis, dll. Biasanya, motifnya bersifat lukisan non figuratif, tidak bermotifkan lambang atau simbol.

Batik Tanah Liek menurut sejarahnya berasal dari Cina yang dibawa oleh pedagang Cina. Karena indahnya busana wanita Minang memanfaatkan batik ini untuk selendang. Harganya tergolong mahal Sehingga hanya digunakan pada acara-acara tertentu saja. Pada acara itu pun hanya dipakai oleh ninik mamak dan bundo kanduang, atau panutan adat. Selendang ini selalu dipertahankan oleh orang Minang sebagai kerajinan peninggalan nenek moyang.

Batik Tanah Liek

Jl.Sawahan Dalam No.33

Padang, Sumatera Barat

Phone: (0751) 37465



{ 1 komentar... read them below or add one }

Dwi Sulistiyani mengatakan...

Thanks for sharing.. Butuh alat membatik dan pewarna batik berkualitas dengan harga murah? Anda bisa mendapatkannya di Fitinline..

Poskan Komentar